BEASISWA KIP-K MERDEKA

PROGRAM KIP KULIAH MERDEKA UNIVERSITAS PUTRA BANGSA (UPB)

PERSYARATAN UMUM

Persyaratan untuk pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di Universitas Putra Bangsa (UPB) tahun 2022 adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  3. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Putra Bangsa melalui jalur  KIP-K.
  4. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.
  5. Tidak mampu secara ekonomi yang dibuktikan dengan:

  • Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah;
  • Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti:
    • Bansos Program Keluarga Harapan (PKH);
    • Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK); 
    • Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT);
  • Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan;
  • Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan;
  • Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:
    • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000; dan
    • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/ kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

ALUR PENDAFTARAN

  1. Mendaftar di website pmb.universitasputrabangsa.ac.id. dan melakukan pendaftaran Jalur Mandiri PTS di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id (Memilih Kampus UPB dan Program Studi).
  2. Mengisi dengan lengkap data diri pada setiap laman dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.
  3. Seleksi Administrasi oleh tim seleksi beasiswa UPB.
  4. Survey ke rumah oleh tim seleksi beasiswa UPB.
  5. Seleksi Wawancara.
  6. Pengumuman penerima KIP-K akan diinformasikan pada website kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan universitasputrabangsa.ac.id.
  7. Pemberkasan dan Tanda tangan Kontrak.

TIMELINE

TimelineRegulerAspirasi
Pendaftaran Mandiri23 Juni – 2 Juli 202323 Juni – 22 Juli 2023
Seleksi Administrasi3-4 Juli 202324 Juli – 25 Juli 2023
Survey5-11 Juli 202326-27 Juli 2023
Wawancara14-15 Juli 202328 Juli 2023
Pengumuman24 Juli 2023soon to be confirmed
Tanda tangan Kontrak
dan Pemberkasan
25 Juli 2023soon to be confirmed
* Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Daftarkan diri Anda di https://pmb.universitasputrabangsa.ac.id/ dan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

DOKUMEN YANG DISIAPKAN OLEH PENERIMA KIP KULIAH

Berikut adalah daftar dokumen yang wajib dikumpulkan oleh mahasiswa penerima KIP K pada saat pemberkasan.

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP K yang didownload dari SIM KIP-K;
  2. Scan Surat Pernyataan penerima PIP Pendidikan Tinggi (disediakan oleh kampus);
  3. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah (bila belum menerima Ijazah);
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Fotokopi yang dilegalisir Kepala Sekolah Daftar Nilai Ujian Akhir Nasional (DHUN) atau Sertifikat Hasil ujian Nasional (SHUN);
  6. Fotokopi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima);
  7. Fotocopy surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah atau sertifikat prestasi (jika ada);
  8. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBJ JK), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), bukti terdaftar di DTKS Kemensos, kartu miskin Kemensos, terdaftar maksimal desil 3 di P3KE, atau kartu sejenisnya, dan surat keterangan berasal dari panti sosial/asuhan (jika ada);
  9. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat;
  10. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali yang diketahui sampai kelurahan atau slip gaji orang tua yang distempel instansi;
  11. Fotokopi KTP mahasiswa;
  12. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  13. Fotocopy Buku Tabungan Rekening Bank Mahasiswa;
  14. Screenshot hasil upload (Foto Mahasiswa yang tercantum Status Sosial Ekonomi DTKS, Foto Keluarga, Foto Rumah Tampak Depan, Foto Ruang Keluarga, dan Foto hasil upload SKTM/KIP/BSM) di SIM KIP K (cetak di kertas A4).