Univeristas Putra Bangsa (UPB) menggelar Pekan Raya Orientasi Study dan Pengenalan Kampus (Prospek) tahun 2022 yang diikuti oleh 893 mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023. Dimana kegiatan ini, rencananya akan digelar selama dua hari yang dimulai Selasa, 20 September hingga Rabu, 21 September 2022.

Prosesi pemakaian Jas Alamater

Prospek dibuka dengan upacara penerimaan mahasiswa baru dan penyematan Jas Almameter di halaman kampus Selasa, 20 September 2022. Hadir dalam kesempatan tersebut Pembina dan Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Dr. Hj. Santi Widiastuti, SE. MM dan Dr. H Slamet Ahmadi, MM, dan juga rektor UPB Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. 

Gunarso saat ditemui menjelaskan kampus Universitas Putra Bangsa (UPB) saat ini menyelenggarakan pekan orientasi pengenalan studi kepada para mahasiswa baru. Kegiatan diikuti oleh 893 mahasiswa baru, yang terbagi 359 mahasiswa laki laki dan 534 mahasiswa perempuan dari 8 jurusan.

Dimana, para mahasiswa baru tersebut masuk melalui tes potensi akademik sebanyak 619 orang, seleksi jalur UTK sebanyak 116 orang, jalur prestasi sebanyak 37 orang dan seleksi Beasiswa KIP sebanyak 121 orang mahasiswa. Untuk jalur beasiswa, kampus juga memfasilitasi beasiswa Yayasan dan juga beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT).

” Ada program beasiswa KIP kuliah 121, tetapi kami memfasilitasi dengan beasiswa yayasan dan beasiswa UKT,” ujarnya.

Pihaknya berharap melalui Prospek ini diharapkan, para mahasiswa baru akan lebih mengenal lingkungan kampus serta berbagai macam elemen dan struktur organisasi. Agar ketika mereka memulai perkuliahan pada 26 September mendatang, para mahasiswa baru sudah terbiasa dengan lingkungan belajar mereka.

” Tentu kegiatan prospek dia hari ini, harapan kami mahasiswa baru menjadi mengenal yang pertama kampus dengan berbagai macam elemen dari struktur organisasi kemudian bagian serta kemana mereka  harus mengurus akademik dan lain sebagainya dan juga sarpras   serta saling mengenal teman teman satu kelas serta dari prodi prodi yang lain,” tuturnya.

Gunarso menambahkan, tahun 2022 ini UPB menambah dua program studi yakni D3 Perhotelan dan juga S1 Akuntansi. Selain itu pada bulan Oktober UPB sudah mulai melakukan penerimaan mahasiswa S2, dimana proses pendirian program magister manajemen telah terselesaikan.

Menurutnya, UPB saat ini adalah Perguruan Tinggi dengan Progresifitas sangat baik di Jawa Tengah, dan menjadi kampus dengan peringkat nomor 1 di Kebumen. Selain itu, dalam dua tiga tahun terakhir ini UPB telah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan, dimana di tahun 2022 kampus berubah bentuk, yang sebelumnya sekolah tinggi, kini menjadi universitas.

Sedangkan di tahun 2022 ini UPB mengakuisisi kampus Akademi Pariwisata Nasional (Akparnas) sehingga dibukalah jurusan D3 Perhotelan. Rencananya, di tahun 2023 mendatang UPB akan membuka jurusan S1 Pariwisata.

” UPB adalah salah satu Perguruan tinggi dengan progresifitas sangat baik di jateng, kami kali dari pemeringkatan di Jawa Tengah yang dirilis oleh dikti sejauh ini masih terus berada di peringkat satu di Kebumen dan dalam dua 3 tahun ini kami mengalami begitu banyak perubahan yang sangat signifikan 2021 berubah bentuk menjadi universitas di tahun 2022 kami melakukan akuisisi terhadap akparnas di jakarta sehingga kami mendapat program D3 perhotelan dan sekaligus insentif S1 Akuntansi di Akhir tahun2022 ini kami memproses S2 manajemen magister manajemen dan allhamdulilah cepat dan lancar prosesnya karena semua syarat dan ketentuan sudah kami penuhi dan InsyaAllah di tahun depan kami akan memproses s1 pariwisata, karena leser management menjadi trend dunia pada saat ini” Terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Prospek UPB 2022 Sahrul Alifian mengatakan kegiatan Prospek atau pengenalan kampus akan dilaksanakan selama dua hari, untuk hari pertama adalah pengenalan struktur organisasi dan membahas tentang kemahasiswaan. Dimana, dalam kegiatan pengenalan kampus ini, tidak ada perpeloncoan terhadap para mahasiswa baru.

Prospek Hari ke-2 Pengenalan UKM

Dikatakan, untuk hari kedua ada kunjungan stan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dimiliki oleh kampus UPB, ada sekitar 14 UKM yang diperkenalkan ke mahasiswa. Puncaknya, akan digelar pada hari rabu malam dengan penampilan kesenian dan menghadirkan bintang tamu Afrida Chan dan juga Selva Riski.

” Harapannya kan kita mengangkat tema kumpulkan semangat nasionalisme dengan menujunjung tinggi kearifan lokal demi UPB yang berkemajuan, jadi harapan saya disini untuk maba bersemangat berjiwa nasionalisme dengan tidak melupakan kearifan lokal kebumen untuk generasi UPB yang sukses gitu,” jelasnya.

Salah seorang mahasiswa baru Septia Nurahma jurusan manajemen mengaku kerasan dengan adanya kegiatan Prospek untuk pengenalan lingkungan kampus. Menurutnya, dengan berkuliah di UPB bisa lebih dekat dari tempat tinggalnya.

Ia juga berharap, agar bisa lulus tepat waktu, dan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai yang dicita citakan. Terlebih, ia juga mengaku mendapatkan dukungan dari orang tua dan keluarga.

” Soalnyaa UPB, kampus terbaik di Kebumen deket juga dari rumah nggak perlu biaya ngekos,
terus orang tua mendukung, harapannya saya bisa lulus tepat waktu dan dapat kerja yang diinginkan,” ungkapnya.

Mahasiswa baru saat mengikuti kegiatan prospek

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.