Universitas Putra Bangsa kembali menyelenggarakan kuliah umum pada Jum’at, 01 April 2022. Kuliah Umum yang mengangkat tema “Data dan Artificial Intelligence dalam Perkembangan Teknologi di Industri 5.0” merupakan kerjasama Universitas Putra Bangsa dengan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang serta kolaborasi dari dua  program studi Universitas Putra Bangsa, S1-Sains Data dan S1-Informatika/Ilmu Komputer. Selain kuliah umum, akan ada penandatanganan MoU antara LP3M UPB dan LP2M Asia Malang.

Kuliah umum diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan mahasiswa melalui zoom dan live streaming Youtube. Hadir sebagai narasumber, 2 dosen terbaik dari masing-masing Institusi yang melakukan kerjasama, Rahmat Hidayat, S.kom, M.Kom (Dosen Universitas Putra Bangsa), dan Lia Farokhah, S.Kom, M.Eng (Dosen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang). Turut hadir, Rektor Universitas Putra Bangsa, Dr. Gunarso Wiwoho S.E., M.M. beserta jajarannya dan Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Risa Santoso, B.A., M.Ed. beserta jajarannya.

Rektor Universitas Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah awal dari kerjasama antara Universitas Putra Bangsa dan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Harapannya dengan penandatanganan MoU ini, maka akan terus terjalin kolaborasi yang lebih baik kedepannya.

Turut memberikan sambutan, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang Risa Santoso, B.A., M.Ed., yang menyambut baik adanya MoU antara Universitas Putra Bangsa dan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, serta mengungkapkan bahwa Data dan Artificial Intelligence berperan dalam perkembangan teknologi, sehingga penting dilakukan kuliah umum seperti ini.

Rahmat Hidayat, S.kom, M.Kom saat pemaparan materi

Di sesi pemaparan materi, Rahmat Hidayat, S.kom, M.Kom berkesempatan menjelaskan tentang Data dan hubungannya dengan Artificial Intelligence.

“Data merupakan sekumpulan informasi yang diperoleh melalui pengamatan atau pencarian kesumber tertentu. Sedangkan Artificial Intelligence merupakan simulasi kecerdasan yang dimiliki manusia yang dimodelkan dalam mesin. Dalam AI diperlukan data untuk dijadikan pengetahuan.” Ujar Rahmat.

Narasumber kedua, Lia Farokhah, S.Kom, M.Eng membahas tentang Data Mining dan penggunaan Rapidminer.

“Peran Data Mining adalah estimation, prediction/forecasting, classification, clustering & association, dan penggunaan RapidMiner merupakan solusi untuk melakukan analisis terhadap datamining, text mining dan analisis prediksi.” Ucap Lia

Sesi Pemaparan materi oleh Lia Farokhah, S.Kom, M.Eng

Usai kedua narasumber memaparkan materinya, acara dilanjut dengan sesi diskusi. Diskusi seru antara pembicara dan para peserta fokus membahas beberapa hal seputar Data dan Artificial Intelligence.

Tonton Ulang Kuliah Umum “Data dan Artificial Intelligence dalam Perkembangan Teknologi di Industri 5.0”” !

Link Youtube:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.