Jum’at (28/07) Tax Center Universitas Putra Bangsa bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II gelar sosialisasi Akuntansi dan Perpajakan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara yang dilaksanakan di Aula Universitas Putra Bangsa, dihadiri oleh puluhan peserta yang merupakan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kebumen.

Sosialisasi yang dimoderatori oleh Wiandini Sranti Palupi, S.E., M.Ak. selaku bendahara Tax Center UPB, menghadirkan 2 narasumber terbaik. Narasumber pertama Mispiyanti, S.E., Ak., M.Ak. merupakan Dosen dan Sekretaris Tax Center Universitas Putra Bangsa, dan Timon Pieter, S.ST., Ak., M.E. yang merupakan Fungsional Penyuluhan Pajak Ahli Madya Kanwil DJP Jateng II hadir sebagai narasumber kedua.

Pada sesi paparan materi, Mispiyanti berkesempatan menyampaikan tentang akuntansi sederhana dalam pengidentifikasi dan perhitungan jumlah omzet. Menurutnya omzet merupakan hal paling penting sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis.

“Omzet penting untuk dipahami, pasalnya, omzet berkaitan dengan seluruh pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan produk khususnya pada UMKM.”Ujar Mispiyanti

Dilanjutkan oleh Timon Pieter, S.ST., Ak., M.E. yang secara garis besar materi yang disampaikan berisi kewajiban perpajakan dalam UMKM serta perbandingan perhitungan perpajakan berdasarkan omzet dan pembukuan. Selain itu juga mengenalkan aplikasi SIAPIK untuk mendukung pembukuan.

“Perhitungan perpajakan berdasarkan pembukuan akan menghasilkan jumlah pajak yang lebih kecil, oleh karenanya pengenalan Aplikasi SIAPIK menjadi salah satu solusi untuk melakukan pembukuan.”Ujar Timon

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan aplikasi SIAPIK adalah aplikasi keluaran BI untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat catatan sederhana keuangan sehari-hari. Aplikasi ini memudahkan pelaku UMKM untuk menyusun laporan keuangan yang bisa digunakan sebagai referensi ke bank dalam menganalisa kelayakan pembiayaan UMKM.

Rencananya luaran dari kegiatan ini adalah akan ada pendampingan Aplikasi SIAPIK bagi pelaku UMKM.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *